DPRD Kabupaten Bekasi Dorong Pemda Serap Naker Lokal

Bekasimedia- Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi meminta kepada pemerintah daerah supaya meninggikan angka kuota penyerapan tenaga kerja lokal bila melakukan nota kesepakatan dengan seluruh kawasan industri. Apabila angka yang diajukan hanya 30 persen itu dinilai sangat rendah melihat jumlah tenaga kerja lokal yang semakin bertambah setiap tahun.

“Kalau 30 persen untuk masyarakat Bekasi saya rasa sangat sedikit, idealnya 40 untuk masyarakat luar, 60 untuk warga Kabupaten Bekasi. Kalau dengan angka segitu baru bisa menyelesaikan pengangguran,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Jalika.

Ia melanjutkan, bila diterapkan 30 persen yang dituangkan dalam MoU untuk warga Kabupaten Bekasi justru dia tidak setuju, dan mempertanyakan dasar apa yang diterapkan dengan angka 30 persen, padahal melihat pengangguran di Kabupaten Bekasi terus bertambah meski Pemda mengklaim kalau sudah memberikan 50 ribu pekerjaan bagi masyarakat Kabupaten Bekasi.

“Kebangetan kalau cuma 30 persen dasarnya apa? Justru ini kesempatan bagi pemerintah untuk memperjuangkan masyarakat Kabupaten Bekasi untuk bisa menikmati kerja di industri, karena jujur saja kita ini sudah banyak terkena dampaknya,” tegasnya.

Sementara itu anggota komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi Nurdin Muhidin mengatakan kalau pembuatan Perda lebih penting ketimbang pembuatan MoU antara pemerintah daerah dengan perusahaan. Karena Mou hanya bersifat jangka pendek saja dan tidak permanen, meski kata dia adanya MoU bisa menjadi celah kedepan.

“Perda ini kan lebih permanen, kesempatan kerja pun lebih maksimal,” ujar Nurdin.

Namun, dia juga menilai pentingnya peran dunia pendidikan dalam meningkatkan kualitas SDM lokal. Bagaimana pun dunia pendidikan tidak bisa lepas dari peningkatan SDM agar bisa mendapatkan kerja yang lebih baik sebagai masyarakat lokal.

“Oke, lah SDM belum memadai tapi, kan, hanya untuk operator produksi saya rasa masih bisa bersaing dengan daerah lain, jangan sampai justru dimanfaatkan oleh para HRD yang justru merekrut dari luar daerah dan bekerja sama dengan sekolah yang ada di daerah,” tandasnya. (adi)

The post DPRD Kabupaten Bekasi Dorong Pemda Serap Naker Lokal appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama