Pengawasan Obat Ilegal Lemah DPRD Dorong BPOM Edukasi Publik

Bekasimedia – Maraknya obat-obatan ilegal turut menjadi perhatian serius anggota dewan komisi D DPRD kota Bekasi, Syaherallayali saat dikonfirmasi lewat ponsel pintarnya, Jum’at (22/04) usai melakukan sholat Jumat.

Dirinya menyatakan, untuk memberantas obat-obatan yang tersebar di warung warung tradisional ataupun toko-toko obat itu tidaklah mudah, perlu adanya keseriusan bersama antara pemerintah sebagai operator dan dewan selaku fungsi pengawasan melakukan upaya upaya kongkrit dilapangan dalam melaksanakan kebijakan yang sudah dibuat,” ujarnya kepada Bekasimedia.com.

Kran import obat-obatan dari luar negeri misalnya dibuka lalu siapa yang mampu dan serius untuk melakukan seleksi dan filterisasi terhadap obat-obatan berbahan baku halal ataupun haram, ini, kata dia domainnya BPOM yang harus lebih arif dalam mengedukasi masyarakat.

“Sementara itu Majelis Ulama Indonesia selaku lembaga yang sudah mengeluarkan fatwa dan sertifikasi obat obatan yang halal juga harus memberikan atau mensosialisasikan kepada masyarakat lebih aktif lagi” ujarnya.

Di sisi lain, menurut pria yang akrab disapa Ral, yang juga Politisi Hanura ini menegaskan, produsen obat harusnya punya kesadaran yang sama untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam melakukan kegiatan produksinya juga memperhatikan bahan-bahan obat yang halal dikonsumsi masyarakat, apalagi bagi masyarakat Muslim ini kan menjadi persoalan,” sambungnya.

“Saya sendiri pernah merasakan sakit pada dengkul saat itu dengan obat-obatan china menggunakan arak saat usai diakupuntur, tapi jika ini sifatnya darurat maka dalam Islam dibolehkan,” imbuhnya.

Bang Ral sapaan akrabnya, berharap agar pemerintah dan produsen obat-obatan sudah seharusnya memperhatikan hal ini, dampak dari obat obatan ilegal sangat berbahaya buat masyarakat, karena pengawasannya sangat lemah. untuk itu harus ada kesadaran dan keseriusan semua pihak untuk melindungi masyarakat dari bahaya obat-obatan ilegal apalagi haram. (dns)

The post Pengawasan Obat Ilegal Lemah, DPRD Dorong BPOM Edukasi Publik appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama