Inilah 4 Sekolah Menengah Negeri di Bekasi yang Jadi Rujukan Nasional

BEKASIMEDIA.COM – Empat Sekolah Menengah Negeri di kota Bekasi masuk dalam jajaran Sekolah Rujukan Nasional. 4 sekolah tersebut terdiri dari 2 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal ini seperti diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Alexander Zulkarnain.

“Sekolah Rujukan Nasional antara lain SMAN 1 kota Bekasi, SMAN 5 kota Bekasi, SMPN 1 dan SMPN 5 Kota Bekasi,” kata Alex, Jumat (23/12).

Adapun saat ditanya perihal parameter yang menjadikan 4 sekolah negeri tersebut menjadi rujukan nasional, Alex menyatakan keempat sekolah tersebut dulunya merupakan RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional).

“Parameternya karena empat sekolah itu dulunya RSBI,” kata Alex.

Sebelumnya sempat terjadi polemik saat RSBI diluncurkan, akibatnya pada 2013 Mahkamah Konstitusi menghapus RSBI karena dinilai kurang tepat diterapkan di sekolah-sekolah negeri di Indonesia.

Dilansir Tribunnews, dalam pertimbangannya, MK berpendapat sekolah bertaraf internasional di sekolah pemerintah itu bertentangan dengan UUD 1945, RSBI menimbulkan dualisme pendidikan, kemahalan biaya menimbulkan adanya diskriminasi pendidikan, pembedaan antara RSBI/SBI dengan non RSBI/SBI menimbulkan adanya kastanisasi pendidikan.

Namun demikian, meskipun menuai banyak pro dan kontra mengenai penyematan RSBI, empat sekolah tersebut kata Kadisdik adalah Sekolah Rujukan Nasional.

Sekolah rujukan sendiri di sisi lain dinilai sangat bermanfaat karena bertujuan menjadi contoh sekolah yang bagus, baik dalam hal manajemen proses pembelajaran, maupun prestasi dengan harapan bisa menjadi teladan atau contoh bagi sekolah lainnya.(Dns)

The post Inilah 4 Sekolah Menengah Negeri di Bekasi yang Jadi Rujukan Nasional appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama