PT PAS Kembali Digeruduk Warga Kaliabang

BEKASIMEDIA.COM – Jumat (23/12) siang, ratusan warga dari RW 01 dan RW 02 Kelurahan Kaliabang, mendatangi PT Prakarsa Alam Segar (PAS). Pabrik mie instan yang berada di Jalan Raya Kaliabang, Kelurahan Pejuang, disambangi ratusan warga Kaliabang yang menyampaikan protes terhadap asap pembakaran dari perusahaan tersebut. Warga Kaliabang, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi mengeluhkan pembuangan asap yang diyakini mencemari udara sekitar permukiman.

“Pencemaran udara oleh PT Prakarsa Alam Segar sudah terjadi sejak satu bulan lalu, pencemaran PT PAS, polusi batu bara kaki jadi pada item debu-debu sampai satu bulan, di pernapasan juga sampai sesak dada, orang-orang kulitnya jadi pada hitam, bau limbah dan kebisingan, kurang Lebih 200 RW 01/02 kena,” ujar salah satu warga RW 8, Susilowati (53), Jumat.

Susilowati mengatakan bahwa warga kesal karena PT PAS mencemari kebersihan lingkungan, polusi dan penerimaan tenaga kerja yang tidak jelas.

“Anak-anak di sekitar pabrik banyak lulusan SMA, tes kadang nggak lulus kontrak cuma 2-3 bulan abis 6 bulan juga abis, dipersulit lulusan kemarin juga nggak lulus kita kan warga sekitar pabrik dipersulit,” imbuh Susi.

Kata Susi warga sudah merasakan hal ini selama 10 tahun tanpa solusi. Mereka sudah melakukan dialog dengan kelurahan tapi diabaikan, akhirnya memilih demonstrasi.

“Banyak polisi satu mobil, ditemui pemilik pabrik ada perwakilan kalau nggak ditanggapi kita akan melapor ke kementerian lingkungan hidup. Ini lagi ada proses dialog dengan pemilik pabrik,” imbuhnya.

Susi mengatakan demo sudah dilakukan berkali-kali tapi sayangnya koordinasi dengan perusahaan selalu berhenti di tengah jalan. “Warga nggak melarang mereka usaha di sini. Tapi jangan dampaknya dikasih ke warga ini kan bukan satu RT tapi hampir dua RW total ribuan kalau RW ada 10 RT satu RT capai 500 KK kali ada dua RW,” tambahnya.

Warga mengaku bingung mau menghubungi siapa tanpa bicara ke kepolisian karena mereka tidak memberikan solusi tapi mereka mau mengecek nantinya padahal warga sudah memberikan sampel hasil polusi dari perusahaan.

“Warga juga mengecam BPLH selalu putus tidak ada solusi kepada warga, warga ingin hidup nyaman dan bergandengan dengan perusahaan, tapi jangan seperti ini bukan hanya polusi tapi limbah cair saja larinya ke kali baunya luar biasa,” katanya. (dns)

The post PT PAS Kembali Digeruduk Warga Kaliabang appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama