KH Ma’ruf Amin Ternyata Cicit Ulama Besar Syaikh Nawawi Al Bantani

BEKASIMEDIA.COM – KH Ma’ruf Amin yang hadir sebagai saksi dalam sidang ke 8 kasus penistaan agama, Selasa (31/1/17) kemarin betul-betul dijadikan sasaran tembak tim pembela tersangka Basuki Tjahaja Purnama. Mereka lupa bahwa selain ketua MUI, Kyai Ma’ruf juga Ketua Rais Aam atau pimpinan tertinggi di Organisasi Islam terbesar Nahdlatul Ulama.

Profil, Biodata Dan Biografi Lengkap KH. Ma’ruf Amin – Beliau dilahirkan di Tangerang Banten, pada tanggal 11 Maret 1943. Sebelum aktif sebagai pimpinan di MUI, Kyai Ma’ruf lama malang melintang di dunia politik. Ia tercatat pernah menjadi tokoh di 2 partai Islam, PPP dan PKB. Jabatannya di politik pun tak tanggung-tanggung, selalu menduduki kasta atas.

“NU itu dulunya memang pernah menjadi partai politik. Ya saya juga dulu politisi, sekarang sudah enggak,” ujar Kyai Ma’ruf ketika ditanya wartawan usai persidangan.

Jabatan politik yang pernah diemban beliau antara lain; sebagai Ketua Fraksi Golongan Islam DPRD DKI Jakarta, anggota MPR-RI dari PKB, ketua komisi VI DPR-RI. Saat ini, selain sebagai pemimpin tertinggi MUI, Profil beliau juga tengah mengemban amanat dan jabatan yang cukup strategis di NU. Di organisasi keagamaan terbesar di dunia tersebut, KH. Ma’ruf Amin mengemban amanat sebagai Rais Amm PBNU 2015 – 2020.

Dalam profil Kyai Ma’ruf, banyak terlibat dalam pengembangan bank syariah di Indonesia. KH. Ma’ruf Amin ikut terlibat di dalam berbagai dewan pengawas syariah di berbagai bank dan asuransi syariah. Kesibukan beliau sebagai pengawas di berbagai bank seperti diantaranya di Bank Muammalat, Bank BNI Syariah, dan Bank Mega Syariah.

Alumnus Pesantren Tebu Ireng Jombang ini dalam profilnya juga mengambil S1 di Universitas Ibnu Chaldun Bogor dan Beliau juga mendapatkan gelar Dokotor HC dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2012 di bidang Hukum Ekonomi Syariah.

Namun yang tak kalah menarik dari profil Kyai sepuh ini adalah ternyata beliau cicit dari ulama besar Islam, Syaikh Nawawi Al Bantani.

Syaikh Nawawi Al Bantani ini adalah ulama asli Indonesia yang begitu disegani kelimuannya di dunia internasional, dan tinggal lama, belajar dan berdakwah di Kota suci umat Islam, Mekkah.

Syaikh Nawawi Al Bantani tercatat sebagai ulama asal Indonesia yang pernah menjadi Imam di Masjidil Haram, dan bahkan beliau memiliki julukan “Imam Nawawi Atstsani” merujuk kepada ahli hadits Imam Nawawi.

(eas)

The post KH Ma’ruf Amin Ternyata Cicit Ulama Besar Syaikh Nawawi Al Bantani appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama