Koto Tinggi Maek Jadi Nagari, Masyarakat Ucapkan terimakasih kepada Pemkab Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Harapan masyarakat nagari Maek untuk bisa memekarkan nagari mereka akhirnya mulai terwujud. Nagari Koto Tinggi dinyatakan menjadi nagari dengan di lantiknya pejabat walinagari setempat oleh Bupati Limapuluh Kota beberapa hari yang lalu. Ucapan terimakasihpun mengalir dari tokoh tokoh masyarakat setempat kepada Pemkab Limapuluh Kota beserta jajaran yang sudah merelasisasikan usulan mereka.

“Permohonan pemekaran nagari ini sebenarnya sudah kami ajukan sejak kepemimpinan Bupati Amri Darwis lewat dari satu dekade lalu. Namun, hingga masa jabatannya habis, harapan pemekaran Nagari Maek tak kunjung terealisasi. Bahkan ketika bupati sudah bertukar dengan Alis Marajo,  Maek masih saja satu nagari,” ungkap tokoh masyarakat Koto Tinggi Maek Darwis kepada wartawan.

Begitu daerah ini dipimpin Bupati Irfendi Arbi, mimpi masyarakat Maek untuk memekarkan nagari penghasil Gambir itu akhirnya terwujud. Seluruh masyarakat benar-benar bersuka cita. Saking gembira, masyarakat Koto Tinggi langsung membangun gedung permanen senilai Rp75 juta secara swadaya buat kantor Wali Nagari Persiapan Koto Tinggi Maek.

“Alhamdulillah, akhirnya harapan pemekaran nagari kami terkabul. Kami sangat berbesar hati dan berterimakasih kepada bupati Irfendi Arbi,” ulang Darwis sembari berharap Nagari Persiapan Koto Tinggi Maek ini segera didefenitifkan.

“Secara pribadi, saya sangat puas dengan kinerja Bupati Irfendi. Sebab, selama kepemimpinan beliau daerah ini mampu meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan juga banyak mendapatkan prestasi tingkat nasional,” puji Darwis yang juga mantan Kepala Desa Koto Tinggi Maek.

Hal senada juga disampaikan tokoh masyarakat lainnya Masri M. Mantan kepala Desa Ronah Maek tersebut melihat apa yang disuguhkan bupati sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat serta apa yang dijanjikan Irfendi ketika Pilkada lalu.

“Jujur saja, saya puas dengan kinerja Bupati Irfendi. Menurut saya masyarakat Maek mendukung penuh kepemimpinan Bupati Irfendi,” tutur Masri.

Purnawirawan Polisi itu juga melihat Irfendi adalah seorang pemimpin yang sederhana, ramah dan rendah hati. Tak kalah hebatnya, Irfendi sudah cukup banyak mendapatkan prestasi gemilang.

“Kami melihat Bupati Irfendi senantiasa tampil sebagai sosok yang sangat sederhana, baik, selalu menunjukan empati dan suka membuat orang senang, serta melihat semua orang sama,” tututr Masri.

sosok yang sangat baik dan dekat dengan masyarakat. Menurutnya, Irfendi pemimpin yang memikirkan Limapuluh Kota sudah berbuat yang terbaik bagi masyarakat dan daerah ini.

“Saya melihat Irfendi sudah menunjukan pembangunan yang baik, adil dan merata. Sejumlah daerah terpinggir sudah mendapat perhatian secara bertahap,” ujar Editiwarman.

Begitu pula tanggapan tokoh masyarakat Maek lainnya Zulkarnaini Dt. Majo Nan Panjang. Menurutnya, berbagai prestasi yang diraih bupati dan daerah ini tidak terlepas dari kepiawaian Irfendi Arbi.

“Saya melihat, dalam taburan prestasi tersebut bupati masih saja didera berbagai isu miring. Saya berharap bupati Irfendi tidak cemas dengan hoax tersebut,” ujar Zulkarnaini yang juga pensiunan polisi sembari menyebut bangga dan senang dengan Bupati Irfendi.

Tak beda dengan komentar para tokoh masyarakat tersebut, pemuka masyarakat Jorong Ronah Maek Ali Amri juga menyebut masyarakat Maek sangat bergembira dengan kehadiran Bupati Irfendi di nagari Seribu Menhir tersebut.

“Masyarakat kami betul-betul senang dan berterimakasih dengan pak Irfendi karena harapan pemekaran nagari yang sudah lebih satu dekade bahkan satu dasawarsa ditunggu baru terbukti di tangan pak Irfendi,” ujar Ali Amri.

Hal itu ikut dikuatkan tokoh masyarakat dari Jorong Koto Godang Maek Anwar Dt. Siri. Menurutnya, meski di Nagari Maek ini tidak menang dalam Pilkada lalu, tapi Irfendi tetap sayang dengan masyarakat maek. Buktinya, selama kepemimpinannya bupati itu sudah berulang-ulang kali datang ke Maek melihat langsung kondisi masyarakat sekaligus memberikan perhatiannya.

“Saya tahu betul pak Irfendi adalah orang yang baik dan rendah hati serta tidak mempunyai dendam politik sama sekali. Meski kalah di Maek, toh beliau sudah lebih berulang kali datang ke Maek dalam tahun ini. Saya pastikan, beliau sayang dengan masyarakat Maek,” yakin Dt. Siri.

Dt Siri juga menilai Irfendi orang yang respon terhadap kondisi masyarakat. Ia optimis, daerah ini bisa jauh lebih baik ke depannya di tangan Irfendi.

Dalam percakapan tersebut, para tokoh masyarakat itu juga menyampaikan harapannya agar pemekaran Nagari Maek terus dilanjutkan dengan pembetukan Nagari Tigo Sakato, Paoruso dan Ronah Sopan.(rel)



Sumber sumbar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama