Korban Banjir Bandang Di Maninjau Dapat Bantuan Dari Yarsi Dan TRC BNPB

Agam,BeritaSumbar.com,–Bantuan untuk Jorong Galapuang Nagari Tanjuang Sani Kecamatan Tanjung Raya mulai mengalir. Dengan ini diharapkan pemulihan pasca bencana banjir bandang yang melanda jorong ini segera terealisasi dan dapat meringankan duka korban bencana alam yang menimpa jorong Galapuang Rabu 20/11 malam.

Salah satunya, bantuan tim paramedis untuk pemeriksaan kesehatan dari rombongan Yarsi Sumbar. Mereka terdiri dari RSI Ibnu Sina Bukittinggi, Tim Pengabdian Masyarakat STIKES Yarsi, Universitas Muhammad Natsir (UMN) dan PT Masyitah Yarsi Bukittinggi beserta Yayasan Birrul Walidain.

Selain memeriksakan kesehatan warga dan keluarga korban, bhakti sosial Yarsi Sumbar itu sekaligus membawa beragam paket bantuan berupa kain sarung, mukena, sembako, handuk, selimut dan peralatan lainnya.

“Berdasarkan laporan yang kami terima, kami sangat merasa prihatin. Untuk itu Yarsi Sumbar langsung melaksanakan penggalangan dana. Kami harap bantuan ini dapat meringankan beban saudara kami di sini,” ujar Sekretaris Umum Yarsi Sumbar, Anisral sekaligus berjanji akan mengunjungi kembali lokasi banjir bandang itu dengan membawa rombongan tim medis lebih banyak.

Di sisi lain, Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRCPB) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat secara awal telah sampai di lokasi longsor di Jorong Galapuang, Jumat (22/11).

Tim ini langsung memeriksa secara dini kebutuhan kajian cepat yang diperlukan bagi terdampak bencana. Pada kesempatan itu BNPB berikan bantuan dana sebesar Rp 250 Juta yang langsung ditransfer ke kas tanggap darurat BPBD Agam.

TRC BNPB dipimpin Kasubdit Kompensasi dan Pengembalian Hak Pengungsi, Budhi Erwanto langsung mengadakan koordinasi dan tatap muka dengan Bupati Agam, Indra Catri untuk membicarakan rencana aksi tindak lanjut yang akan dilakukan.

“Kami ingin memastikan pendirian posko, penanganan korban dan proses tanggap darurat sudah berjalan baik sesuai prosedur,” katanya.
Bupati Agam, Indra Catri yang menyambut langsung para donatur peduli kemanusiaan itu mengucapkan apresiasi tinggi. Ia berterima kasih mewakili warga yang ditimpa musibah.(Rel)



Sumber sumbar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama