Advertisement here

Gipang Singkong, Camilan Khas Banten yang Manis Krenyes

Gipang

Bekasimedia – Jajanan tradisional seperti gula-gula maupun teng-teng kacang dan jagung, meski jarang bisa lagi ditemui dengan mudah di pasaran, nyatanya punya banyak varian. Di Banten, ada camilan yang mirip teng-teng juga gula-gula. Namanya Gipang.

Gipang sendiri punya banyak nama dan jenis. Ada yang menyebutnya Jipang, Gipang, Teng-teng, Ting-ting, ada juga berbentuk gula-gula kacang dan jagung. Perbedaan tersebut biasanya karena bahan dasarnya.

Gipang sendiri biasanya berbahan dasar beras ketan. Namun ada juga yang berbahan dasar singkong. Rasa Gipang sangat khas. Manis, kriuk-kriuk, teksturnya agak keras dan lengket saat digigit.

Cara membuat gipang tidak bisa sekali jadi dalam waktu singkat. Bisa sampai dua hari waktu pengolahan. Mulai dari memarut, menjemur, menggoreng singkong dan menyeduh gula untuk mengkaramelisasinya. Meskipun demikian, bahannya tidak sulit dicari. Untuk gipang singkong. Siapkan saja singkong secukupnya, gula merah atau gula pasir, air dan cetakan nampan kayu.

Dalam pengolahannya, bisa juga singkong dipadukan dengan kacang tanah. Sehingga rasanya jadi lebih gurih.

Bentuk gipang biasanya persegi,  persegi panjang atau bisa bulat sesuai selera. Disusun menumpuk di dalam plastik atau toples dan lengket saat diambil karena gula menjadi lem perekat alami. Bagi Anda penyuka camilan tradisional yang rasanya manis,  Gipang yang krenyes-krenyes manis, dijamin membuat Anda ketagihan. (anr)

The post Gipang Singkong, Camilan Khas Banten yang Manis Krenyes appeared first on Bekasi Media.



Sumber Suara Jakarta
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Suara Jakarta