Hadapi MEA, Kadin Kota Bekasi Fokus Kembangkan UKM

Bekasimedia- Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bekasi, Cholil Astari menyatakan pihaknya akan fokus terhadap pengembangan investasi dan usaha kecil menengah dalam menghadapi tahun 2017 sebagai tahun investasi dan perekonomian daerah serta Masyarakat Ekonomi Asean.

Hal itu diutarakan Cholil menyusul komposisi pengurus Kadin periode 2016-2021 yang bakal diduduki oleh pengurus dengan kompetensi sesuai dengan keahlian serta bidang usahanya masing-masing.

Ia mengatakan, laju pertumbuhan ekonomi Kota Bekasi terus meningkat seiring dengan pesatnya pembangunan daerah dalam kurun waktu satu dekade ini. Tren tersebut menurutnya akan terus mengalami peningkatan, sehingga pihaknya dituntut mampu menjadi wadah yang menjembatani antara kepentingan pengusaha dengan pemerintah.

Masuknya MEA, kata dia, harus diimbangi dengan kualitas dan kemampuan sumber daya masyarakat yang mencukupi. Terutama usaha masyarakat yang menjadi tulang punggung dalam menopang ekonomi kerakyatan. Tuntutan tersebut, menjadi tanggung jawab Kadin agar mampu menjaga keberlangsungan usaha masyarakat.

“Komitmen kami tidak hanya fokus terhadap usaha yang berskala besar, tetapi juga kami harus melindungi UMKM sebagai sektor usaha kerakyatan. Kami tidak harus menunggu sebuah regulasi untuk berbuat, ya, jemput bola jika ingin menyelamatkan mereka dari persaingan usaha yang terbuka ini,” ungkap Cholil Astari di sela kegiatan Silaturahmi Calon Pengurus Kadin Periode 2016-2021 yang berlangsung di Ballroom Hotel Haris, Summarecon Mall Bekasi, Senin (25/4).

Sebagai langkah konkret, pihaknya akan mendorong Perbankan untuk mempermudah pinjaman modal usaha serta memberikan bunga yang ringan bagi pelaku UMKM.

Selain itu, pihaknya juga menginisiasi agar UMKM yang berskala kecil agar dilebur menjadi satu, sehingga memudahkan pemerintah maupun Kadin untuk menopang usaha tersebut.

“Salah satu tugas Kadin adalah terobosan dalam membina UMKM dan juga bagaimana kami berupaya untuk meningkatkan kualitas mereka. Jika memang banyaknya jumlah UMKM namun tidak efektif keberlangsungannya, maka kami menggagas agar mereka disatukan. Tujuannya untuk mempermudah dalam melakukan pembinaan serta memberikan bantuan permodalan,” kata dia.

Ia kembali mempertegas, dalam menghadapi tahun investasi dan perekonomian daerah tahun 2017, pihaknya juga fokus menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah, dengan tujuan agar keberlangsungan investasi di Kota Bekasi mampu memberikan kontribusi yang maksimal, baik terhadap daerah maupun masyarakat.

“Peran Kadin akan terus dikembangkan terutama dalam memperkuat sektor ekonomi daerah. Kami pun mendesak agar segala program yang disusun oleh pemerintah, maka di dalamnya melibatkan Kadin sebagai mitra kerja yang andal.” tukasnya. (lm/dns)

The post Hadapi MEA, Kadin Kota Bekasi Fokus Kembangkan UKM appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama