Hari ini Google Doodle Peringati Hari Ulang Tahun Samaun Samadikun, Bapak Mikroelektronika Indonesia

Bekasimedia- Google Doodle beberapa kali ikut memeriahkan momen tertentu yang berhubungan dengan hari penting di Indonesia, seperti hari pendidikan bahkan lahirnya tokoh tertentu. Hari ini, 15 April 2016, Google Doodle turut memperingati Hari Ulang Tahun Prof. Dr. Samaun Samadikun, Bapak Mikroelektronika Indonesia.

Prof. Dr. Samaun Samadikun (lahir di Magetan, Jawa Timur, 15 April 1931 dan meninggal di Jakarta, 15 November 2006 pada usia 75 tahun. Ia adalah seorang insinyur, pendidik sekaligus ilmuwan Indonesia.

Dilansir Wikipedia Indonesia, Prof. Samaun Samadikun menjadi mahasiswa Jurusan Teknik Elektro di ITB pada awal tahun 1950an dan lulus sebagai insinyur. Ia kemudian memperoleh gelar M.Sc. tahun 1957 dan Ph.D. pada tahun 1971 di bidang teknik elektro dari Universitas Stanford di Amerika Serikat. Ia juga memperoleh Postgraduate Diploma bidang Nuclear Engineering dari Queen Mary, Universitas London tahun 1960. Di Universitas Stanford pada tahun 1975, bersama K.D Wise, Prof. Samaun menciptakan paten, US Patent No 3,888,708 yang bertajuk, “Method for forming regions of predetermined thickness in silicon”.

Kariernya sebagai dosen diawali di Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung, 1957. Ia menjadi profesor bidang elektronika tahun 1974. Semasa bertugas di ITB ia pernah menjabat sebagai ketua Jurusan Teknik Elektro (1964-1967), dan mendirikan sekaligus menjabat sebagai direktur pertama dari Pusat Antar Universitas (PAU) Mikroelektronika ITB (1984-1989), yang sekarang dikenal sebagai Pusat Mikroelektronika ITB.

Beliau sempat menulis puisi yang sangat unik berjudul Petani Silikon. Berikut puisinya

Petani Silikon

Kami adalah petani silikon. Lahan kami adalah silikon. Garapan kami adalah silikon. Hasil kami adalah silikon.

Kami pupuk silikon dengan boron. Kami pupuk silikon dengan fosfor. Kami cangkul silikon dengan plasma. Kami siram silikon dengan metal.

Berjuta transistor tumbuh dengan subur.Beribu gerbang terkait dan terukur. Sinyal diubah menjadi informasi. Informasi dituai untuk sarapan rohani.

Dan semua usaha untuk kemakmuran bangsa. Dan semua kelelahan untuk keagungan manusia. Dan semua hasil adalah hasil karunia-Nya. Dan petani silikon terus berusaha

Beliau berjasa di dunia pendidikan dengan menjadi salah satu pendiri dari Akademi Ilmu Pengetahuan Islam (1986) dan salah satu pendiri Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia. Pada tahun 1987-1992 ia menjadi Anggota MPR RI sebagai Utusan Golongan.

Sumber: wikipedia

The post Hari ini Google Doodle Peringati Hari Ulang Tahun Samaun Samadikun, Bapak Mikroelektronika Indonesia appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama