Hari Kartini Hotel Horison Gelar Belajar Membatik Gratis

Bekasimedia – Menyambut hari kartini yang jatuh pada Kamis (21/4/16) ini, Hotel Horison Ultima Bekasi memfasilitasi belajar canting gratis di area Metsky Dine n Lounge.

Kepada bekasimedia.com salah seorang anggota Komunitas Batik Bekasi yang bekerjasama dengan Hotel Horison Ultima dalam pameran batik, Dewi Mulya (20) mengungkapkan bahwa kegiatan mencanting batik ini merupakan suatu cara untuk melakukan penyebaran dan sosialisasi terhadap batik khas Bekasi tersebut.

“Pola-pola yang kita sediakan adalah dari pola khas batik bekasi, seperti burung, tugu perjuangan, bunga. Nah, uniknya, agenda mencanting ini gratis. Kita hanya mencoba untuk memperkenalkan bagaimana cara membuat batik, utamanya pada proses mencanting,” kata Dewi.

Membenarkan kalimat Dewi, Public Relation Hotel Horison Ultima Bekasi, Renata juga mengatakan hal yang serupa bahwa melalui agenda khusus bertema hari kartini ini, para pengunjung hotel bisa tahu bagaimana cara mencanting batik itu.

“Ini ide dari hotel horison untuk para pengunjung selama 2 hari, mulai hari ini. Karena masih banyak orang-orang yang belum tau bagaimana cara pembuatan batik, khususnya mencanting. Seperti seni membatik, sampai alat-alat yang digunakan,” ujar Renata.

Menurut Renata, batik, sebagai budaya asli Indonesia harus terus dilestarikan. Begitu pula dengan batik bekasi yang merupakan ciri khas dari kota Bekasi harus terus dipromosikan dan dikomunikasikan kepada khalayak banyak.

“Sejauh ini kami menggandeng komunitas batik bekasi dalam program CSR kami untuk program ini dan stand di lobby. Peminat dari pengunjung dari luar juga cukup banyak, mayoritas mereka beli sebagai oleh-oleh,” jelas Renata.

Renata juga mengingatkan, bahwa RA Kartini juga selalu menggunakan pakaian khas jawa dengan ciri kain batik. Untuk itulah, generasi sekarang juga jangan sampai meninggalkan seni batik itu sendiri.

“Selain membatik, kita juga punya photo booth untuk para wanita dengan latar buku besar yang mengisyaratkan kumpulan puisi dari RA Kartini. Uniknya juga saat pencetakan, di bagian bawah fotonya ada quote-nya Ibu Kartini,” terang dia.

Pada acara bertema kartini pula ini pula, turut dihadirkan bazar batik bekasi, bazaar oleh-oleh dan souvenir Bekasi.

“Semangat Kartini ini yang perlu ditularkan, supaya wanita bisa lebih menginspirasi lagi dan semangat,” pungkas Renata. (sel/dns)

The post Hari Kartini, Hotel Horison Gelar Belajar Membatik Gratis appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama