Semarak Hari Kartini di SDN Margahayu X

Bekasimedia– Setiap tanggal 21 April masyarakat Indonesia merayakan Hari Kartini. Beberapa agenda dalam memperingati sosok wanita inspiratif di Indonesia ini dilakukan. Kegiatan unik dilakukan oleh masyarakat terutama oleh mereka para pelajar mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP hingga SMA.

Salah satu sekolah yang memeriahkan hari Kartini adalah SDN Margahayu X, yang beralamat di Kp. Rawa Semut Kelurahan Margahayu ini selain memperkenalkan siswa-siswi dengan sosok Kartini, para siswa pun mengikuti agenda seperti pawai budaya pakaian adat serta lomba fashion show.

Salah satu guru SDN Margahayu X, Etih Sumiyati mengatakan, sosok Kartini terkenal akan perjuangan atas penindasan kaum perempuan di masa Kolonial hingga tercetuslah emansipasi wanita. Hal ini, kata dia tentunya menjadi nilai sejarah yang harus dikenalkan kepada para siswa.

“Kami ingin memberikan informasi terkait sosok pejuang ibu Kartini dengan melakukan pawai yang melibatkan semua siswa sehingga akan terbangun rasa nasionalisme serta kebanggan dengan sosok ibu Kartini,” paparnya.

Selain pawai, pihak sekolah pun mengadakan berbagai perlombaan seperti fashion show pakaian adat serta lomba menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini bagi siswa kelas 1 sampai kelas 3.

Siswa pun terlihat sangat antusias, seperti seorang siswa bernama Sarah, siswi kelas 1 ini mengaku semakin termotivasi untuk menjadi sosok wanita tangguh seperti sosok Kartini.

“seneng aja dengan agenda ini, jadi lebih tahu dan kepingin seperti ibu kartini,” kata Sarah.

Hal yang sama dikatakan siswi lainnya, Zahra, menurutnya sosok Kartini bisa menjadi inspirasi bagi pelajar.

“Banyak sosok pejuang wanita yang menjadi inspirasi saya, dan salah satunya sosok ibu Kartini,”tutup gadis cilik yang bercita-cita jado dokter ini. (dns/man)

The post Semarak Hari Kartini di SDN Margahayu X appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama