Indonesia Gelar Musabaqoh Hafalan Al-Quran dan Al-Hadist tingkat Asia Pasifik

Bekasimedia- Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Arab Saudi melalui kantor Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia kembali menyelenggarakan Musabaqoh Hafalan Al-Qur’an dan Al-Hadist (MHQH) Pangeran Sultan bin Abdul Aziz tingkat Asia Pasifik. Pembukaan kegiatan yang rutin dihelat setiap tahun ini diselenggarakan di Hall Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (18/04).

MHQH yang dijadwalkan akan berlangsung hingga 20 April mendatang ini merupakan gelaran yang ketujuh. Ajang kompetisi dalam hafalan Al-Quran dan Hadits ini sebenarnya mengundang peserta dari 25 negara, namun demikian, yang hadir hanya 18 negara dengan 103 peserta ditambah 16 orang official dari masing-masing negara. Usia peserta rata-rata antara 15 – 30 tahun.

Selain Indonesia sebagai tuan rumah, negara pengirim delegasi yaitu: Philipina, Thailand, Singapore, Malaysia, Australia, Cambodia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Rusia, Chinese, Brunei, Myanmar, New Zealand, Bosnia, Japan, Hong Kong, dan Timor Leste.

Ketua pelaksana MHQH ke-7, Sobah Syamsi menyampaikan bahwa kepada para juara akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan berjumlah 5.000 – 24.000 Riyal. Selain itu, mereka juga akan diberi kesempatan untuk menunaikan ibadah haji.

Dijelaskan Syamsi yang juga merupakan Ketua Takmir Masjid Agung Al Azhar dan Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, melalui MHQH, semua peserta diharapkan dapat meningkatkan hafalannya dan rasa cintanya kepada Al-Quran dan hadist. Di samping itu, gelaran MHQH diharapkan dapat meningkatkan gairah kalangan muda muslim untuk senang dan cinta terhadap al-Quran dan Hadis.

MHQH Asia Pasifik, lanjut Syamsi, diharapkan juga dapat meningkatkan dan menjalin Ukhwah Islamiyah dari berbagai negara.

“Indonesia sebagai tuan rumah ikut mengajak negara lain untuk mempererat Ukhuwah Islamiyah, menggalang persatuan,” kata Sobah Syamsi.

Sementara itu, Pangeran Khalid bin Sultan bin Abdul Aziz dalam keterangan tertulisnya, menjelaskan bahwa musabaqah ini berperan dalam memperkokoh hubungan persaudaraan Muslim di kawasan Asia dan Pasifik. Selain itu juga untuk menanamkan ajaran Islam yang benar ke dalam hati dan pikiran generasi muda.
“Termasuk memperkenalkan kepada mereka Islam moderat yang menyerukan kepada perdamaian, kerukunan dan saling menolong,” ujarnya.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Musthafa Ibrahim Al-Mubarak mengatakan, penyelenggaraan musabaqah ketujuh ini merupakan wujud keberhasilan pada musabaqah sebelumnya. Hal itu juga mencerminkan potret Kerajaan Arab Saudi yang mengabdi kepada Al-Qur’an. “Kegiatan ini merupakan sadaqah jariyah dari Kerajaan Arab Saudi,” ujar Dubes Ibrahim.

(kemenag.go.id)

The post Indonesia Gelar Musabaqoh Hafalan Al-Qur’an dan Al-Hadist tingkat Asia Pasifik appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama