Inilah Tips Sukses Hadapi Hari Tua

Bekasimedia – Masa tua adalah masa yang akan dilalui oleh setiap manusia yang merupakan ketentuan yang tidak bisa diganggu gugat dari sang pencipta. Menjadi tua adalah suatu kepastian yang tidak bisa dipungkiri, walaupun sebagian orang mencoba untuk menghindari menjadi tua. Menjadi tua bukan sesuatu yang harus ditakuti, namun sebaiknya dinikmati sebagai lambang syukur kita terhadap Sang Pencipta.

Sebelum menjelang hari tua, apa saja rencana yang telah anda buat? orang bilang, hidup yang penuh dengan rencana adalah hidup yang lebih baik dan tidak akan membosankan, karena di setiap waktunya, selalu ada cara untuk menuju harapan dan cita-cita yang telah direncanakan sebelumnya. Merencanakan hari tua anda juga merupakan suatu tujuan yang harus mulai dipikirkan saat ini juga, saat dimana anda masih mampu untuk merencanakanya.

Sebagian orang berpikir bahwa merencanakan hari tua bisa saja mulai dipikirkan saat berada di usia dewasa, saat keadaan finansial sudah sangat stabil dan juga segala sesuatunya sudah siap. Namun, siapa yang bisa menjamin bahwa anda akan mengalami masa tua anda atau tidak. Oleh sebab itulah, merencanakan hari tua nanti sebaiknya sudah difikirkan saat ini juga. Walaupun anda merasa, anda masih sangat muda dan perjalanan hidup anda masih panjang, apa salahnya jika sekedar membuat rencana dan berusaha mewujudkanya.

Apa yang bisa terjadi jika tidak ada rencana apapun untuk massa tua anda dan hanya berserah pada waktu dan nasib saja? Beberapa orang yang akhirnya sudah mengalami massa tua, sudah tidak bisa melakukan pekerjaan dengan produktif seperti dulu akhirnya hanya bisa menikmati hari tua mereka dengan keadaan yang serba kekurangan, walaupun saat masih bekerja dulu, gaji yang didapatnya cukup besar. Tentunya anda tidak ingin massa pensiun anda seperti kasus tersebut.

Mengutip dari situs bakul[dot]my[dot]id yang juga menyadur artikel dari huffingtonpost berikut ini ada beberapa tips perencanaan yang bisa anda lakukan agar saat menjelang hari tua nanti anda bisa sukses:

Perhatikan Jaminan Hari Tua Anda

Apa saja yang bisa anda lakukan terlebih dulu untuk menjelang hari tua anda? Tentunya anda perlu memperhatikan dan memperhitungkanya. Jika saat anda seorang karyawan yang selalu menerima gaji setiap bulanya, namun sebagian dari gaji anda harus dipotong untuk keperluan Asuransi tertentu untuk jaminan anda di massa depan. Anda tidak perlu mencegah hal ini terjadi dan sebaiknya anda mencari tahu jalan keluarnya. Anda juga bisa membayar asuransi dan juga tetap menabung agar keseluruhan uang anda bisa diatur dengan mudah.

Mempunyai Rumah

Rumah adalah kebutuhan utama yang harus dimiliki oleh setiap orang sebagai penunjang kehidupan. Keberadaan rumah yang menjadi milik sendiri atau tidak sewa tentunya sangat berarti bila massa pensiun telah tiba. Anda dapat membayangkan saat harus membayar sewa rumah denga nilai cukup tinggi, sementara pendapatan sudah tidak memungkinkan lagi, karena telah pensiun. Sebaiknya, sejak saat ini rencanakan untuk membeli rumah dan memiliki rumah dengan cash, agar kasus seperti tadi tidak terjadi.

Melihat Resiko Pasar Saham

Sebelum masa pensiun anda tiba, anda bisa mengikuti investasi di pasar saham. Memang mengikuti investasi semacam ini tidak terlalu memberikan keuntungan yang besar, dan juga beresiko. Namun, jika investasi anda sedang berada dalam faktor keberuntungan, maka investasi anda bisa berlipat ganda.

Melakukan Pengecekan Kesehatan

Saat masa pensiun akan tiba, tentunya anda juga takut mengalami satu hal, yaitu sakit. Sakit tidak bisa kita inginkan dan juga tidak bisa kita hindarkan. Dari saat ini, sebisa mungkin anda menjaga kesehatan anda, untuk massa tua yang lebih terjamin. lakukan pengecekan kesehatan secara rutin melalui dokter pribadi anda, lakukan pengecekan terhadap kolestrol misalnya, atau juga tekanan darah.

Mempersiapkan Emosi

Bagi anda yang akan memasuki usia pensiun, anda perlu mempersiapkan diri saat anda telah berhenti bekerja nanti, sementara kebutuhan anda dan anak-anak anda masih akan berlanjut. Belum lagi setelah anak-anak dewasa dan menikah, mereka meninggalkan rumah dan anda bisa jadi hanya tinggal sendirian dan kesepian, maka anda juga harus mempersiapkan emosi anda.

Membayangkan Apa Yang Akan Dilakukan

Tidak sedikit, orang yang mengalami kebingungan saat menjelang pensiun. Mereka bingung, setelah tidak bekerja lagi, apa yang mereka akan lakukan untuk mengisi aktifitas mereka. Itulah sebabnya, anda perlu memikirkan hal ini sekarang, agar di massa pensiun nanti, anda tidak lagi bingung, akan mengerjakan apa anda, sementara mungkin kebutuhan anda masih sangat banyak. Rencanakan untuk membuat usaha sampingan  dari sekarang, atau juga menggeluti hobi yang nantinya bisa saja menjadi sesuatu yang menguntungkan untuk anda.

Segala sesuatu yang akan terjadi pada hidup kita, perlu direncanakan. Jika dapat berjalan sesuai dengan rencana, tentunya anda alan merasa bahwa hidup ini sangat berarti. Ada beberapa cara dan juga tips untuk merencanakan massa mendatang, salah satunya adalah massa pensiun anda. Anda juga bisa mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan  untuk mendapatkan informasi dan bantuan seputar dana pensiun anda. Semoga bermanfaat.

(*/eas)

The post Inilah Tips Sukses Hadapi Hari Tua appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama