Relawan RZ Bekasi Antusias Belajar Jurnalistik

Bekasimedia – Dalam rangka pembinaan skill kerelawanan, Relawan RZ Bekasi pada hari Minggu (3/4/16) pukul 13.30 – 17.30 WIB mengadakan Workshop Jurnalistik. Acara berlokasi di Base Camp Relawan RZ Bekasi Jalan Cendana 14 no.74 Kampung Pulo Gede Jakasampurna. Dihadiri 29 orang peserta, yang tidak saja dari Relawan RZ tapi juga dari organisasi lain seperti Gemma Jakapermai dan Unisma Bekasi. Nara sumber acara berasal dari Bekasimedia.com yaitu Iradah Dwi Putriani (Freelance Journalist) dan Ani Rohimah (Editor).

Acara dipandu oleh Febri Yoga selaku ketua pelaksana, dibuka dengan tilawah oleh Muhammad Ikbal, kemudian penyampaian materi oleh Iradah Dwi Putriani tentang Dasar Jurnalistik yang berisi poin-poin tentang tujuan penulisan berita, definisi berita, tahapan berita, lalu dilanjutkan sesi tanya jawab dan peserta berlatih menuliskan satu paragraf berita.

Setelah badha Ashar, acara dilanjutkan kembali yaitu Pengenalan Bahasa Berita oleh Ani Rohimah. Pada materi tersebut, peserta belajar bagaimana mengetahui ciri-ciri teks berita, jenis tulisan, membuat tulisan yang menarik dan efektifitas menggunakan bahasa dalam berita.

Acara dikemas dengan santai dan sederhana, berlangsung di ruangan terbuka, dengan suhu udara yang panas menyengat  serta sedikit mundur dari waktu yang ditentukan pukul 13.00 – 17.00 WIB, namun semua tak menyurutkan antusias peserta untuk belajar ilmu jurnalistik.

“Pembinaan skill kerelawan, yang biasa kami sebut dengan Kampus Relawan (Kamrel), merupakan pembinaan rutin yang diadakan sebulan sekali dengan materi-materi yang beragam. Tema bulan ini Jurnalistik, sebagai kelanjutan dari materi sebelumnya,” ujar Febri Yoga selaku ketua pelaksana.

Yoga melanjutkan, menguasai ilmu jurnalistik memegang peranan sangat penting dalam setiap aksi kerelawanan, “relawan dituntut keahliannya menyampaikan informasi yang benar ke masyarakat dalam bentuk tulisan, dengan adanya workshop ini menjadi sarana relawan untuk belajar mengasah kemampuan ilmu tentang jurnalistik.”

Relawan RZ adalah sebuah komunitas anak muda atau orang-orang yang memiliki semangat muda yang fokus terhadap aksi-aksi siaga bencana dan ragam aksi kemanusiaan lainnya. Komunitas ini berada di bawah naungan KRN (Komite Relawan Nusantara), yaitu sebuah yayasan yang didirikan RZ (Rumah Zakat).

(Nurannida)

The post Relawan RZ Bekasi Antusias Belajar Jurnalistik appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama