Tolak Bahaya Rokok & WTPM, Mahasiswa Dianiaya Aparat

Bekasimedia – GEBRAK (Gerakan Bersatu Lawan Industri Rokok) yang dimotori oleh elemen Badan Eksekutif Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (BEM IM FKM UI) melakukan aksi menolak pameran World
Tobacco Process and Machinery (WTPM) yang diselenggarakan di JIekpo Kemayoran Jakarta pada Kamis kemarin. Nahasnya mereka dianiaya aparat keamanan saat melakukan aksi.

Mewakili GEBRAK, Fauzan Budi Prasetya menceritakan kronologis kejadian kepada bekasimedia.com sebagai berikut;

12.00: Massa aksi datang ke JIexpo untuk mengkampanyekan bahaya rokok dan WTPM. Massa aksi berusaha masuk secara resmi dengan registrasi namun tidak bisa.

13.00 Massa aksi menyebar di beberapa titik JIexpo.

14.00 Massa aksi berkumpul untuk merundingkan strategi kegiatan yang akan dilakukan.

15.00: Massa aksi mulai bergerak menuju Hall D JIexpo, tempat WTPM berlangsung.

15.30: Beberapa massa aksi berhasil masuk. Salah satu massa aksi melakukan orasi dan massa aksi lainnya menyebar flyer di antara stand-stand WTPM. Pada awalnya polisi hanya mengawasi, namun tiba-tiba banyak polisi menarik orator untuk keluar dan menggiring massa aksi simpatik yg lain agar keluar Hall D.

15.45: Setelah orator berada di depan pintu Hall D, polisi memukul kasar orator sampai darah keluar dari hidungnya. Orator diperlakukan kasar oleh aparat kepolisian namun ia sama sekali tidak melawan. Massa aksi yang lain diamankan juga secara terpisah, padahal semua massa aksi tidak melakukan sesuatu yang anarkis.

15.55: Seluruh massa aksi dibawa ke Polsek Kemayoran untuk diamankan.

Fauzan menegaskan kekerasan dalam bentuk apapun tidak dapat dibenarkan, termasuk kekerasan yang dilakukan oleh aparat untuk membungkam suara mahasiswa yang sedang berjuang demi Indonesia yang lebih sehat.

“Kami mengutuk tindakan keji yang telah dilakukan aparat untuk membungkam suara mahasiswa. Semoga keadilan ada di pihak kami dan pelaku mendapat sanksi sesuai hukum yang berlaku,” pungkas Fauzan. (eas)

The post Tolak Bahaya Rokok & WTPM, Mahasiswa Dianiaya Aparat appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama