Penulis Buku “Ini Budi..” Siti Rahmani Rauf Tutup Usia

Bekasimedia – Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun, telah wafat Selasa (10/5/16) malam pukul 21.20 Ibu Siti Rahmani Rauf di usia 96 tahun. Almarhumah adalah penyusun buku Bahasa Indonesia Belajar Membaca dan Menulis dengan tokoh-tokohnya, Budi, Ani, Iwan dan Wati yang dibaca oleh generasi 80an.

Siti Rahmani Rauf lahir di Padang, 5 Juni 1919. Siti adalah seorang pendidik dan penulis buku peraga pelajaran Bahasa Indonesia Ini Budi pada era 1980-an dengan menggunakan tokoh Budi yang kemudian menjadi terkenal di Indonesia selama 2 dekade.

Metode pembelajaran bahasa yang sekaligus menggunakan alat peraga, yang disebut Struktur Analitik Sintesis (SAS) Bahasa Indonesia tersebut dianggap menyenangkan bagi siswa SD pada masa itu sehingga membantu para murid menjadi lebih cepat bisa membaca.

Buku peraga Ini Budi yang sangat populer itu kemudian digunakan di hampir seluruh kota di Indonesia. “Ini Budi, ini ibu Budi, ini bapak Budi”, menjadi kalimat yang terkenal pada era 1980 – 1990-an.

Siti Rahmani yang telah mengajar sebagai guru sejak tahun 1937 itu mengerjakan buku tersebut pada awal tahun 1980-an setelah ditawarkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan ketika ia sudah pensiun sebagai Kepala Sekolah SDN Tanah Abang 5,Jakarta Pusat pada tahun 1976. Tawaran tersebut ia terima tanpa meminta bayaran, semata-mata karena kecintaannya pada dunia pendidikan.

Selamat jalan Ibu Siti Rahmani Rauf, segala jasamu akan selalu kami kenang. Engkau adalah pahlawan bagi kami semua. (*/eas)

The post Penulis Buku “Ini Budi..” Siti Rahmani Rauf Tutup Usia appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama