Komunitas Historia Semangat Kenalkan Sejarah Bekasi di Tengah Keberagaman

BEKASIMEDIA.COM – Meski  penduduk Bekasi kini dihuni mayoritas dari suku Jawa, namun tak menyurutkan langkah beberapa  anak muda yang tergabung dalam Komunitas Historia Bekasi (KHB) untuk memperkenalkan Bekasi baik dari sisi historisnya atau keunikan lainnya.

Didominasi warga Jawa atau tidak, hal tersebut tidak menjadi masalah bagi komunitas, pasalnya dalam memperkenalkan sejarah Bekasi, tidak hanya untuk warga Bekasi asli, namun juga untuk semua orang yang tinggal di wilayah yang berbatasan dengan ibukota Jakarta ini.

“KHB memang baru berdiri awal tahun 2016 ini. Tujuan kami hanya bagaimana masyarakat yang tinggal di Bekasi mengenal sejarah di mana mereka tinggal. Sehingga setiap warga Bekasi mau dari suku manapun tumbuh rasa memiliki dan peduli dengan Bekasi,” ujar Kordinator Komunitas Historia Bekasi, Endra Kusnawan, saat ditemui di Tugu alun-alun Kota Bekasi. Minggu (9/10).

Ditambahkan Endra, jumlah anggota KHB baru sekitar 50 orang, namun kalau jumlah komunitas grup Jelajah Wisata Bekasi yang juga dibuat untuk komunikasi lewat media sosial, sudah berjumlah 4 ribu lebih.

“Kami juga punya grup di media sosial, namanya Jelajah Wisata Bekasi yang anggotanya sekitar 4 ribu-an, tapi kalau KHB baru 50 orang, Mas,” paparnya.

Endra menjelaskan kegiatan yang mereka lakukan selain diskusi soal sejarah Bekasi, juga membuat program Jelajah Wisata Bekasi. Program tersebut bertujuan memperkenalkan situs-situs sejarah yang dimiliki Bekasi.

“Kami ingin memperkenalkan situs-situs sejarah yang ada di Bekasi, dengan mengajak kawan-kawan KHB untuk napak tilas berkeliling dengan menggunakan sepeda zaman dulu (sepeda ontel),” pungkas Endra seraya mengajak warga Bekasi untuk nergabung dan mengenal Bekasi dari sejarahnya.

 
Endra Kusnawan mengungkapkan, organisasinya merupakan sebuah bentuk kecintaan dan kepedulian warga terhadap daerahnya. Seperti  ada pepatah menyebutkan tak kenal maka tak sayang.

“Rasa cinta itu datang karena kita tahu atau kenal sejarahnya, maka pertama kali yang saya lakukan adalah memperkenalkan sejarah Bekasi, agar semakin dicintai warganya.” tutur  penulis buku “Sejarah Bekasi, Sejak Peradaban Huni Ampe Wayah Gini.”

Mungkin masih banyak yang belum mengenal nama Endra Kusnawan. Apalagi dalam bidang sejarah Bekasi. Kita selama ini lebih familiar jika bicara sejarah Bekasi, tokoh-tokoh seperti Ali Anwar, H.Idris dan lain-lain. Sosok muda ini sering terlihat semangat saat memimpin rombongan rekan-rekannya yang berjumlah sekitar 15 orang dengan bersepeda ontel menyusuri  rute bersejarah mulai dari  alun-alun lalu ke stasiun kereta, Jembatan kali  Bekasi sampai kembali lagi ke lokasi semula.

“Ya, saya pernah berkomunikasi dengan tokoh-tokoh sejarah Bekasi yang sudah dikenal, seperti Ali Anwar dan lainnya. Kami ingin juga mendapat masukan atau informasi dari para  senior-senior penggiat sejarah Bekasi. Namun, sampai sekarang belum terwujud, mungkin karena beliau (Ali Anwar) terlalu sibuk kali ya, mudah-mudahan lain waktu bisa ketemu dengan mereka,” harap Endra.

Endra sangat berharap kegiatanya bisa mendapat dukungan dari semua pemangku kepentingan (Stakeholder) Bekasi.

“Saya berharap semua pihak bisa membantu kegiatan komunitas ini, baik pemerintah daerah maupun tokoh-tokoh ahli  sejarah Bekasi,” tutupnya. (dns)

 

The post Komunitas Historia Semangat Kenalkan Sejarah Bekasi di Tengah Keberagaman appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama