Tak Sekadar Balapan, Indonesian Mini GP Hadirkan Coaching Clinic dan Safety Riding

BEKASIMEDIA.COM – Sukses Digelar pada Minggu (29/1) di Revo Town, Indonesian Mini GP diharapkan mampu menjadi wadah bagi bibit-bibit atlet muda Kota Bekasi untuk menunjukkan kemampuan. Di samping itu, bahkan wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu berharap dengan hadirnya kejuaraan ini menjadi salah satu wahana penyalur bagi anak muda yang selama ini menjadi penggemar balapan liar.

Ajang kompetisi balapan bergengsi ini memang diresmikan langsung oleh Wakil Walikota dan Kapolres Metro Bekasi Kota yang bertujuan mencari bibit baru pembalap muda.

“Event Indonesian mini GP 2017 ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit lokal maupun nasional,” kata Syaikhu saat sambutan. Ia juga menyinggung terkait balapan liar di jalan yang sudah seharusnya diakomodiasi ke dalam wadah cabang olahraga yang lebih profesional.

Syaikhu juga mendorong kepada pemerintah daerah untuk bisa menyiapkan sirkuit bagi pembalap muda karena menurutnya kota Bekasi belum bisa menyediakan sirkuit yang representatif untuk mereka.

“Kegiatan ini untuk mencari dan menumbuhkan bibit muda pembalap nasional, semangat dan kemampuan itu harus dipupuk sejak dini untuk melihat atlet-atlet pembalap berbakat nantinya,” kata Ahmad Syaikhu.

“Kota Bekasi juga belum ada sirkuitnya untuk mengakomodir mereka, untuk itu saya atas nama pemerintah daerah akan mendorong untuk menyiapkan arena sirkuit untuk pembalap pembalap muda yang nantinya akan lahir dari kota Bekasi,” tambahnya.

Sementara itu, Komisaris Polisi Bayu Pratama Gubunagi mewakili Kapolrestro Bekasi Kota yang berhalangan hadir mengatakan, kegiatan Mini GP 2017 dihelat di Kota Bekasi untuk kali pertama. Pihak kepolisian kata dia, sangat mendukung kegiatan yang positif sebagai bentuk pembinaan.

“Salah satu tugas polisi adalah melakukan pembinaan. Dan, salah satu yang kita lakukan adalah mensosialisasikan cara berkendara dengan baik bagi masyarakat sehingga dalam kegiatan Mini GP 2017, kami memberikan sesi safety ridding dan coaching clinic sejak usia dini,” terangnya.

Sebanyak 170 peserta pembalap se-Indonesia yang diikuti oleh 50 tim berpengalaman mewarnai ajang balapan kali ini. Salah satu panitia acara menjelaskan event kali ini diikuti oleh peserta usia 6-12 tahun karena sasarannya memang jauh lebih muda untuk lebih memacu keberanian dan membangun sportifitas bagi usia dini.

Selain itu, lanjut Bayu, Polrestro Bekasi Kota juga memiliki polisi cilik (Pocil), “pada kesempatan ini juga kita tampilkan agar para peserta balap Mini GP 2017, khususnya yang usianya rata rata 5 tahun keatas akan memiliki motivasi disiplin tinggi nantinya,” katanya.

“Seperti yang kita lihat, penampilan Pocil binaan Polres Metro Bekasi Kota, mampu membius para peserta dan penonton melalui berbagai macam kreasi gerakan sampai dengan gerakan gerakan pengaturan lalu lintas. Pocil binaan kita dalam berbagai ajang dan kesempatan juga telah banyak prestasi,” tambahnya.

Sekadar diketahui, pada ajang Mini GP 2017 sebanyak 13 kelas dilombakan sejak pagi hingga sore hari,  dan antusiasme penonton yang hadir luar biasa karena event ini mampu memberikan hiburan pada weekend akhir bulan Januari ini.

13 kelas race dalam kejuaraan Indonesian Mini GP 2017 yang bertempat di Lamtoro Karting Revo Town, Bekasi Selatan dibagi beberapa kategori seperti Junior dan Dewasa. Untuk kelas Junior dibagi menjadi 8 kelas, yakni Kelas Mini Supermoto, 5-7 tahun, 8-9 Tahun, 10-11 Tahun, 12-13 Tahun, Wanita 7-13 Tahun, Pro Junior 7-10 dan Pro Junior 11-15 Tahun. Adapun kategori Dewasa, dibedakan menjadi 4 kelas, yaitu Kelas under 45 Kg, Kelas 45-60 Kg, Kelas 61-75 Kg dan Pro Pembalap.

Setelah 13 kelas perlombaan rampung dalam jangka waktu kurang lebih 12 jam, Piala Wakil Walikota akhirnya berhasil diraih oleh Harlan Indra Fahlevi untuk juara umum Kelas Pro Junior, dan Piala Kapolres Metro Bekasi Kota direbut oleh Nico Julian untuk juara umum Kelas Pro Pembalap.

Dalam kesempatan tersebut, penyerahan Piala Kapolres Metro Bekasi Kota diwakili oleh Kapolsek Bekasi Selatan, Kompol Bayu Pratama Gubunagi sedangkan Piala Wakil Walikota diwakili oleh Imam Trikarsohadi. (*)

The post Tak Sekadar Balapan, Indonesian Mini GP Hadirkan Coaching Clinic dan Safety Riding appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama