Pelecehan Seksual Anak Kasus Paling Mengerikan di Bekasi

BEKASIMEDIA.COM – Dinas Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan Kota Bekasi mencatat pelecehan seksual terhadap anak menjadi kasus tertinggi sepanjang tahun 2016. Dari 127 kasus terhadap anak yang terjadi sepanjang tahun 2016, Pelecehan seksual menjadi kasus tertinggi dengan total 42 kasus.

Di samping pelecehan seksual, kasus dengan angka tertinggi lainnya yang menimpa anak anak-anak adalah kekerasan fisik dan penganiayaan 31 kasus, persetubuhan 24 kasus, serta perkosaan 11 kasus.

“Ada 127 kasus anak sepanjang 2016. Hal ini mengalami peningkatan dari tahun 2015 yaitu 100 kasus, dengan angka pelecehan seksual sebanyak 26 kasus di tahun 2015,” ujar Kepala Seksi Perlindungan Khusus Anak kota Bekasi, Mini, Selasa (31/1).

Kasus pelecehan seksual ini rata-rata terjadi pada anak usia Sekolah Dasar karena didasari rasa penasaran dan perkembangan teknologi (gadget) yang mudah mengakses konten-konten dewasa.

“Biasanya antar teman. Bahkan mirisnya bukan hanya antara perempuan dan laki-laki tapi juga sesama laki-laki. Pernah kami temukan kasus gara-gara gadget anak itu akhirnya mempraktikannya bersama teman-temannya. Bukan hanya sesekali, namun mereka mengaku kecanduan pornografi,” jelas Mini.

Selain gadget, imbuh Mini, lingkungan pertemanan yang tidak sehat dan lemahnya pengawasan dari orangtua juga menjadi faktor maraknya kasus pelecehan seksual terhadap anak.

“Kadang-kadang para orangtua tidak curiga saat anak-anaknya bermain dengan teman sebayanya. Sesama laki-laki misalnya. Padahal banyak kejadian itu mereka justru mempraktikannya ke sesama anak laki-laki. Lalu ada juga yang awalnya cuma coba-coba. Ada yang adik kandung perempuan jadi korban. Pelecehan ini biasanya dilakukan orang terdekat, teman sepermainan dan keluarga,” ungkap dia.

Saat ini, pihaknya mengaku gencar melakukan sosialisasi, workshop pelatihan, pembekalan, koordinasi, dan sinergitas dengan berbagai pihak sebagai upaya dinas melakukan penanganan ini.

“Banyak masyarakat belum tahu dan menganggap ini merupakan aib keluarga sehingga tidak mau melaporkan. Padahal, anak-anak yang menjadi korban bisa mengalami trauma parah. Nah ini yang perlu kita sadarkan kepada para orangtua bahwa tidak perlu malu karena semua dijamin dalam undang-undang perlindungan anak,” pungkasnya.(she/ib/dns)

The post Pelecehan Seksual Anak Kasus Paling Mengerikan di Bekasi appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama