Awasi Anak Didik, Disdik Kota Bekasi Bekali Guru dengan Cyber Psychology

BEKASIMEDIA.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) kota Bekasi, Senin (23/10/2017) menggelar Pelatihan Pembinaan dan Penerapan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Guru TK/SD sekota Bekasi di RM. Margajaya, Jalan Kemakmuran, Bekasi Selatan, Jawa Barat.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik kota Bekasi, Krisman Irwandi mengatakan kegiatan ini dilakukan selama 4 hari, mulai tanggal 23 – 26 bertujuan untum memberikan pembekalan pengetahuan dunia internet atau dunia maya dan pengaruhnya terhadap anak didik. Krisman juga berharap pembekalan awal ini mampu memotivasi guru untuk terus belajar dan berkembang agar bisa melakukan pengawasan ekstra terhadap penggunan internet oleh peserta didiknya.

Psikolog Universitas Mercu Buana, Jakarta, Setiawati Intan Savitri dalam paparannya mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai pembekalan pengetahuan psikologis terkait psikologi siber, yang diharapkan nantinya guru mampu menangani anak didiknya yang telah terpapar bahaya kecanduan internet berbasis gadget maupun televisi kabel.

“Tujuan diadakannya acara ini yang pertama, sebagai pembekalan pengetahuan psikologis tentang Cyber Psikology, bagaimana para guru ini nantinya dalam menangani anak didiknya yang sedang terpapar internet baik berbasis gadget maupun televisi digital hingga games,” ujarnya kepada bekasimedia.com

Setiawati mengakui kapasitas guru-guru di kota Bekasi saat ini sangat tertinggal terkait penguasaan tentang Informasi Teknologi (IT) dari daerah lain. Ia juga mengkhawatirkan adanya kesenjangan antara pengetahuan guru dengan anak didiknya.

“Menurut saya dari beberapa kali diskusi, guru-guru di kota Bekasi cukup tertinggal dalam penguasaan IT, yang saya khawatirkan adalah terjadinya kesenjangan antara pengetahuan guru dengan pengetahuan anak-anak, guru tidak bisa mengawasi mereka sementara anak didik cenderung memanipulasi gurunya, karena memang anak-anak lebih pinter dari pada gurunya, dan itu masalah,” pungkasnya. (Dns)

The post Awasi Anak Didik, Disdik Kota Bekasi Bekali Guru dengan Cyber Psychology appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama