Rekannya Masih Ditahan, Mahasiswa Gelar Aksi Spontanitas di Polda

BEKASIMEDIA.COM – 2 orang mahasiswa anggota BEM Seluruh Indonesia masih ditahan, sementara 2 mahasiswa lainnya dijadikan DPO. Atas dasar hal ini, sejumlah mahasiswa dan alumni BEM SI mengadakan aksi spontanitas, Senin (23/10/17) sore di Polda Metro Jaya Jakarta.

“20 Oktober aksi dilakukan, 21 Oktober 14 mahasiswa diciduk dan diselidiki, 22 Oktober 2 mahasiswa dijadikan DPO. 23, 24 25 apa yang akan terjadi?” ujar Alumni BEM SI 2016, Bagus Tito Wibisono, kepada bekasimedia.com melalui pesan singkat.

“Entah tak terbayang, namun jangan sampai saat 28 oktober nanti, momen sakral sumpah pemuda ternodai oleh tindakan-tindakan serampangan oleh aparat,” lanjut Tito.

Tito menjelaskan, pada 22 Oktober, setelah meredam diri dan menghormati proses hukum, pemanggilan terhadap mahasiswa terus terjadi. “Setelah Ihsan dan Ardi dari STEI SEBI dan IPB dijadikan tersangka, kini Wildan dan Panji dari UNS dan IPB pun dipanggil dan dijadikan tersangka. Sampai saat ini jalur advokasi hukum sudah ditempuh namun belum menuai hasil,” sambungnya.

“Maaf, kami tak bermaksud mencaci, memprovokasi, menambah masalah apalah itu, kami hanya mencoba objektif, apakah tidak serampangan namanya ketika pemuda-pemuda dari seluruh daerah negeri datang untuk menyampaikan aspirasi malah dipukul, diciduk dan dibui? sedangkan ada aksi-aksi lain yang dilindungi bahkan dijaga terus hingga malam hari,” tanya Tito.

Aksi spontanitas yang dilakukan Tito dan rekan-rekannya tadi sore diikuti sekitar 30 orang. Tito berjanji, jika aparat tidak segera membebaskan rekannya, maka aksi-aksi serupa akan dilakukan marathon.

“Kami bukan siapa siapa, kami hanya segelintir kelompok masyarakat yang mencoba peduli, dan bergerak hanya karena nurani yang tak tega melihat demokrasi yang ternodai. Saat itu, mahasiswa sudah tidak melakukan perlawanan tetapi dentuman fisik dilakukan oleh kepolisian. Akibatnya banyak mahasiswa yang terluka, beberapa diantaranya mengalami bocor kepala. 2 orang ditetapkan menjadi tersangka padahal mahasiswa tidak melakukan pengrusakan dan perlawanan,” pungkasnya.

The post Rekannya Masih Ditahan, Mahasiswa Gelar Aksi Spontanitas di Polda appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama