Pengurus FONI Sumbar Dikukuhkan

Padang,BeritaSumbar.com,-Bertempat di Gedung Aula Sapta Marga Makorem 032/Wbr Padang Sumatera Barat, pada hari Kamis (1/8/2019) kemaren telah di deklarasikan berdirinya Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI) Pengurus Daerah Sumatera Barat sebagai wadah untuk mengembangkan kegiatan olahraga Orienteering di wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan tersebut, dihadiri oleh beberapa perwakilan-perwakilan dari Universitas yang ada di Sumbar

Dan juga Hadir dalam acara tersebut Kadispora Prov Sumbar yang diwakili oleh Bapak Mazwar, Kadis Pariwisata Prov Sumbar yang diwakili oleh Bapak Agung serta Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Korem 032/Wirabraja Mayor Inf Yondri yang mewakili Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo.selaku Ketua FONI.

Dalam sambutannya, Mayor Inf Yondri yang mewakili Danrem 032/Wbr menyatakan apresiasinya dan siap mendukung kinerja FONI sebagai wadah pengembangan olahraga Orienteering di Sumatera Barat.

Seperti apa yang telah pernah disampaikan oleh Brigjen TNI Kunto selaku Ketua Orienterring Indonesia dan yang pertama kali mensosialisasikan olahraga ini di Sumbar bahwa olahraga orienteering ini perlu digalakkan di tanah air, termasuk di Sumbar. Salah satunya dengan upaya sosialisasi harus terus menerus dilakukan. Hal ini sekaligus untuk menjaring bibit-bibit atlet unggulan, untuk berkompetisi dikancah nasional dan internasional.

Sedangkan dari Dinas Pariwisata Prov Sumbar menyatakan bahwa sangat mendukung kegiatan olahraga Orienteering ini oleh karena kegiatannya yang menggunakan alam terbuka, sehingga bisa dikembangkan dalam hal mengenalkan sektor wisata alam yang ada di Sumatera Barat kepada dunia luar dengan mengadakan kegiatan perlombaan.

Seperti diketahui, Orienteering adalah olahraga yang membutuhkan kemampuan dan keterampilan navigasi menggunakan peta dan kompas untuk menyelesaikan suatu lintasan dari titik kontrol satu ke titik kontrol lain dalam waktu sesingkat mungkin.

Menurut Mazwar yang mewakili Kadispora Sumbar menyampaikan bahwa potensi penggiat Orienteering di Sumatera Barat sangatlah besar, untuk itu pihaknya siap bekerja sama dengan semua kalangan untuk mengembangkan dan mensosialisasikan olahraga Orienteering di Provinsi Sumbar ini.

Saat ini di Sumatera Barat sudah terbentuk 12 ranting olahraga Orienterring, semoga dengan berdirinya Pengda FONI di Sumatera Barat dapat mempersatukan para penggiat Orienteering di Sumatera Barat sekaligus berkontribusi positif terhadap kemajuan Olahraga tersebut di Provinsi Sumatera Barat. (*)



Sumber sumbar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama