PJB Pelopori Gedung Pengolah Limbah B3 “Eco Utility” Nasional

Ico-Utulity-BuildingBekasimedia-  Eco Utility merupakan tempat penyimpanan limbah sementara B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) di Pembangkit Jawa Bali (PJB) Unit pembangkitan Muara Tawar.

Hingga kini PT. PJB telah melakukan berbagai upaya untuk menerapkan konsep reduse, reuse dan recycle terhadap bahan sisa produksi atau pun limbah yang berada di sekitar unit unit pembangkitnya. Sebagai contoh diadalam area Unit Pembangkitan Muara Tawar Bekasi selama setahun terakhir ini “mendaur” sampah logam potongan besi, batok lampu bekas serta peralatan-peralatan lain yang sudah tidak dipakai lagi sebagai monumen unik yang dikombinasikan tenaga surya dan sisa energi dari batere – batere yang sudah tercapai lifetimenya sebagai energi untuk penerangan area gedung dan sekitarnya.

Jika dilihat dari bentuk bangunan gedung tersebut, dapat terlihat bahwa energi penerangan yang digunakan di unit pengolah limbah tersebut menggunakan baterai-batere bekas atau sudah tercapai life timenya untuk menyalakan lampu LED 300 watt. Sedangkan baterai tersebut memanfaatkan tenaga surya untuk pengisian dayanya kembali.

PJB terus melakukan inovasi terbaru dengan selalu memanfaatkan barang bekas untuk dapat digunakan kembali sebagai langkah membantu pemerintah mengurangi limbah. Dan hal ini pun telah mendapatkan apresiasi yang baik dari pemerintah, terbukti dengan diperolehnya Indonesia Green Awards 2015 sebanyak empat kategori yang telah mereka terima dibulan Juni dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup. (JJ3)

The post PJB Pelopori Gedung Pengolah Limbah B3 “Eco Utility” Nasional appeared first on Bekasi Media.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama