World Book Day Rumah Dunia Banten Luncurkan 53 Judul Buku

Bekasimedia- Gelaran World Book Day yang jatuh pada tanggal 23 April 2016, dirayakan dengan semarak di Rumah Dunia, komplek Hegar Alam, Ciloang, Serang, Banten. Dalam kesempatan Hari Buku Sedunia ini, sebanyak 53 buku karya penulis Banten, bahkan dari luar Banten, diluncurkan di auditorium Rumah Dunia.

Penggagas Rumah Dunia, Golagong menyatakan, ini adalah pesta literasi. Pesta para penulis. Ia mengaku bangga akan kinerja para relawan Rumah Dunia yang mempersiapkan acara ini serta mengucapkan selamat merayakan kebahagiaan dengan buku-buku yang sudah diluncurkan hari ini (23/4).

“World Book Day adalah strategi agar kita para penulis berkumpul di sini, untuk membuktikan bahwa menulis itu adalah pekerjaan yang seksi, menulis itu asyik,” kata Golagong.

“Selamat berpesta literasi, selamat merayakan hari buku sedunia, selamat untuk kita semua,” imbuh penulis buku fenomenal Balada Si Roy ini saat menyampaikan sambutan.

Golagong juga menyatakan, kegiatan semacam ini tentunya harus didukung, baik oleh pemerintah, dalam hal ini Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) juga lembaga lainnya, karena, kata dia, pekerjaan menulis saat ini bukanlah lagi pekerjaan yang “sunyi” maka ia mengimbau agar para penulis tidak lagi bekerja di kesunyian.

Adapun 53 buku yang diluncurkan pada hari ini terdiri dari fiksi dan nonfiksi. Dari puisi, novel, kumpulan cerpen hingga catatan perjalanan.

Para penulis pun beragam, terdiri dari lintas usia, lintas profesi. Mulai dari pelajar, guru, dosen, mahasiswa dan masyarakat umum lainnya. Dari para relawan Rumah Dunia, anggota kelas menulis Rumah Dunia hingga komunitas-komunitas literasi. Genre yang disuguhkan pun beragam, mulai dari kisah cinta remaja, mitos, hingga lokalitas.

Selain dihadiri para penulis, acara ini juga dihadiri perwakilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), BPAD (Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah) provinsi Banten, juga sutradara dan penulis skenario Film Mars, Sahrul Gibran dan John Rantau.

Perwakilan dari BPAD mengaku bangga akan gelaran World Book Day ini. Ia menyatakan bangga karena Rumah Dunia, utamanya Golagong yang bisa menggelorakan semangat berliterasi di Tanah Debus. Ia berharap, kedepan Rumah Dunia dan BPAD bisa terus bersinergi.

Selain peluncuran buku, rangkaian acara World Book Day ini juga dimeriahkan dengan aneka lomba, orasi budaya, sembako buku serta pemutaran dan movie talk film Mars karya sutradara asal Lebak, Banten, Sahrul Gibran. (Anr)

The post World Book Day Rumah Dunia Banten Luncurkan 53 Judul Buku appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama