Disdik dan BMPS Kota Bekasi Lakukan Koordinasi Terkait Jalur Afirmasi PPDB 2016

Bekasimedia – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi, telah membuat kesepakatan bersama Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS). Kesepkatan tersebut terkait siswa kurang mampu yang ternyata tidak bisa diterima di sekolah negeri, saat PPDB Online maka akan disalurkan langsung oleh Disdik untuk ke sekolah swasta.

Menurut Ketua Panitia PPDB Online 2016, Ali Fauzie, tahun ini anak-anak yang kurang mampu, akan dikawal hingga mendapatkan sekolah, baik negeri maupun swasta.

“PPDB tahun ini, kita menganggarkan 15 persen dari kuota untuk siswa yang kurang mampu, melalui jalur afirmasi. Bukan hanya untuk mendapatkan sekolah negeri, tapi juga swasta,” terang Ali, usai rapat Juknis PPDB Online.

Pria yang juga menjabat Sekretaris Disdik ini melanjutkan, PPDB Online 2016, kali ini pro warga yang kurang mampu. Disdik pun sudah berkoordinasi dengan BMPS. Jadi, bagi siswa kurang mampu di jalur afirmasi yang tidak diterima di sekolah negeri, akan disalurkan melalui sistem tersebut.

“Paling tidak, satu sekolah minimal dua puluh orang, kita salurkan melalui jalur afirmasi. Dengan catatan, siswa yang tidak mampu ini tidak lulus masuk sekolah negeri,” imbuhnya.

Lanjut Ali, bukan sekadar disalurkan, pembiayaan atas siswa tersebut di sekolah swasta nantinya pun akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak pemerintah Kota Bekasi.

“Ya tidak elok kalau pihak sekolah menolak siswa yang kurang mampu, tho kita biayai. Ada anggaran untuk itu, yang jumlahnya sekitar Rp7 miliar,” tegasnya.

Kata dia, apabila nantinya anggaran sebesar 7 milyar rupiah tersebut masih dirasa tidak dapat mencukupi siswa yang dimasukkan ke sekolah swasta, maka pihaknya akan melakukan pengajuan dana Anggaran Biaya Tambahan (ABT) ke DPRD Kota Bekasi.

“Jadi, jika nanti banyak siswa Kota Bekasi yang masuk swasta sementara dana kurang, akan kami ajukan ABT,” sambungnya.

Ia menyebutkan, saat ini jumlah siswa kurang mampu yang terdata di Dinas Sosial, yang akan mengikuti jalur PPDB Online berjumlah kurang lebih 5.700 anak.

“Kami juga sudah koordinasi dengan Komisi D DPRD Kota Bekasi terkait afirmasi ini. Dan mereka sangat setuju karena ini mementingkan warga kurang mampu,” tutupnya. (dns)

Ilustrasi: google

The post Disdik dan BMPS Kota Bekasi Lakukan Koordinasi Terkait Jalur Afirmasi PPDB 2016 appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama