Menteri Sosial Hadir di Perayaan Puncak Hari Lanjut Usia Nasional di Perumahan Seroja

Bekasimedia– Menteri Sosial, Dra. Khofifah Indar Parawansa mengunjungi perumahan Seroja, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2016. Menurut Khofifah, Perumahan Seroja dipilih sebagai lokasi puncak perayaan semarak HLUN karena banyaknya lansia di perumahan tersebut, yang pernah ikut berjuang melawan penjajah.

“Mereka adalah para lansia yang pernah berjuang untuk meneguhkan NKRI. Oleh karena itu, panitia pelaksana HLUN memilih perumahan Seroja untuk tempat perayaan puncak HLUN, sebagai harapan ada semangat bela Negara yang kita revitalisasi, bahwa lansia yang ada di perumahan ini adalah mereka yang pernah berkorban untuk NKRI,” ujarnya kepada wartawan di perumahan Seroja, Jumat (3/6/).

Di Indonesia, para lansia yang berjumlah 1,8 juta jiwa, kata Khofifah, berpotensi terlantar dan 1,6 juta jiwa terlantar. Sejauh ini Kementerian Sosial sudah melakukan pendekatan hubungan emosional terhadap keluarga para lansia. Adapun fasilitas yang disediakan bagi para lansia terlantar tersebut adalah dikembalikan kepada para keluarga.

“Terlantar atau tidak terlantar, sama-sama prioritasnya kita kembalikan kepada keluarga mereka, tetapi kita juga tetap berupaya memaksimalkan layanan berupa panti atau komunitas,” imbuhnya.

Sejauh ini, fasilitas panti yang ada untuk para lansia sudah cukup baik dalam memberikan pelayanan, namun menurutnya, pengawalan pada produktivitas para lansia yang ada di panti harus lebih ditingkatkan.

“Sebetulnya, seperti panti Wedha bisa mengawal produktivitas yang masih dimiliki oleh para lansia. Sehingga pada usia lansianya, para lansia ini bisa menjadi lansia bahagia sejahtera,” pungkasnya.

Dalam perayaan puncak HLUN ini, Menteri Sosial juga memberikan berbagai bantuan bagi para lansia di Perumahan Seroja. Selain itu, ia juga mendatangi para penyandang cacat di aula gedung Komplek Perumahan Seroja.

Perayaan HLUN ini dirayakan setiap tahunnya oleh Kementerian Sosial pada tanggal 29 Mei, sebagai bentuk penghargaan terhadap nilai historis dan strategis bangsa Indonesia kepada Dr. KRT. Radjiman Widodoningrat, sebagai pencetus gagasan dasar filosofis Negara Indonesia. (Fi)

The post Menteri Sosial Hadir di Perayaan Puncak Hari Lanjut Usia Nasional di Perumahan Seroja appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama