Pilihlah Cara Diet Sehat dan Tidak Menyiksa Badan

Bekasimedia – Sebagian dari kita pasti memiliki masalah berat badan yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan, terutama wanita. Tak jarang masalah berat badan menjadi salah satu hal yang paling sensitif untuk dibahas.

Kelebihan berat badan menjadi salah satu hal yang paling dihindari kaum wanita. Jika sudah seperti itu hal yang biasa dilakukan adalah melakukan diet. Namun, diet juga harus dilakukan dengan sehat dan tidak menyakitkan badan.

Tidak seperti kasus seseorang yang menjalankan diet esktrim dengan cara tidak makan seharian dan hanya minum air putih serta buah di pagi hari. Dan ada lagi kasus yang bahkan hanya minum air putih saja tanpa makan apapun selama diet.

Menurut Nita Qonita, ahli gizi, diet adalah pengaturan pola makan mulai dari frekuensi, jumlah, jenis makan dan jam makan yang bertujuan untuk menurunkan berat badan. Diet untuk menurunkan berat badan yang baik yaitu diet rendah kalori dan gizi seimbang.

Biasanya, faktor yang menyebabkan seseorang menjadi kelebihan berat badan, yaitu makan-makanan sembarangan (gorengan, jajanan jalan, dll), lingkungan dan sedikit faktor genetik. Kebanyakan orang berpikir bahwa makan malam ketika diet sangat tidak dianjurkan atau dilarang. Padahal, makan malam pada diet tetap harus di lakukan.

“Makan utama tetap  kali sehari namun batas makan malam yaitu jam 7 malam, dan jenis makanannya pun harus sesuai dengan prinsip diet (tinggi serat dan rendah lemak),” ujar Nita.

Makan malam yang dilarang adalah makan malam di atas jam 7 malam atau minimal 3 jam sebelum tidur, karena tubuh memerlukan waktu untuk memproses zat gizi dalam makanan tersebut. Zat gizi makro lemak, membutuhkan waktu 3 jam untuk di cerna dalam tubuh.

Olahraga juga sangat penting untuk kita yang sedang melakukan diet. Karena, ketika berolahraga tubuh kita dapat mengeluarkan kalori dan membuat tubuh kita menjadi lebih kencang serta terbentuk.

Selain mengatur pola makan dan olahraga, kita juga harus menjaga tubuh dengan minum air putih 8-12 gelas per hari dan tidur 7-8 jam tiap malam dengan teratur.

Melakukan diet merupakan hal yang boleh dilakukan semua orang tanpa terkecuali untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Namun, lakukanlah dengan bijak dan sehat agar kelak tidak menimbulkan penyakit di tubuh kita.

**

Deria Octaviena
Politeknik Negeri Jakarta

The post Pilihlah Cara Diet Sehat dan Tidak Menyiksa Badan appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama