Menteri PU akan Perbaiki SOP Pengoperasian Bendung Kali Bekasi

Bekasimedia– Bencana banjir yang melanda Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) pada Kamis, (21/4/2016) kemarin rupanya sampai ke telinga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU dan PR) Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-JK. Bersama jajarannya pada Kamis malam, Basuki Hadi Muljono mengunjungi lokasi perumahan PGP yang terendam banjir hingga ketinggian air mencapai 3,5 meter.

Kunjungan mendadak itu, jelas membuat kaget warga PGP yang tengah sibuk mengungsikan diri ke perbatasan perumahan yang lebih tinggi. Menurut Basuki, banjir yang melanda PGP akibat adanya pertemuan dua aliran sungai yang melintas di kali Bekasi, sehingga menyebabkan tanggul yang ada pada perbatasan perumahan PGP jebol dan longsor.

“Pintu operasi yang ada pada bendungan Kali Bekasi memang salah satu kunci untuk mengurangi debit air. Sebab air yang melintas dari Hambalang, Bogor ke Kali Bekasi ini sekitar 6 jam, kalau pintu operasi itu telat dibuka, maka akan jadi seperti ini,” ujarnya kepada Bekasimedia.com, usai mengunjungi perumahan PGP, Kamis (21/4) malam, pukul 23.45 WIB.

Telatnya pembukaan pintu operasi bendungan kali Bekasi, lanjutnya juga menjadi masalah, air tidak berjalan lancar dan akibatnya, meluap, “Kalau di sana (hambalang) sudah siaga tiga, seharusnya sejam sebelumnya di sini (bendung kali bekasi) sudah dibuka,” kata Basuki.

Basuki berencana akan memperbaiki Standart Operasional Prosedur (SOP) pengoperasian pintu bendung Kali Bekasi dan akan membuatkan tanggul yang lebih panjang pada perbatasan kali Bekasi dengan sungai Cikeas dan Cileungsi.

“Saya akan cek dulu ke pintu bendungan Kali Bekasi, nanti akan kami rapatkan bersama Dirjen Sumber Daya Alam (SDA),” imbuhnya.

Rencana Pemerintah Kota Bekasi yang akan melakukan pengelolaan bersama bendungan kali Bekasi bersama Kementerian PU dan PR, hingga sampai saat ini masih menunggu jawaban. Pasalnya, ketika dikonfirmasi, Basuki mengatakan, bahwa hal ini tidak akan dirapatkan bersama dengan Pemkot Bekasi.

“Oh, nggak-lah mas. Ini kan PJT langsung,” tambahnya singkat.

Dalam kunjungan itu, Walikota Bekasi, Rahmat Effendi beserta jajaran juga turut hadir menemui Menteri PU dan PR. (fla)

The post Menteri PU akan Perbaiki SOP Pengoperasian Bendung Kali Bekasi appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama