Kenali Gastritis Sebelum Terlambat

Bekasimedia – Pola makan tidak sehat serta dengan dosis yang berlebihan dapat membuat Anda terkena sakit maag. Saat ini, banyak orang menyepelekan terhadap makanan yang dikonsumsinya tanpa memikirkan kesehatan lambung.

Sakit maag atau dalam istilah kedokteran disebut Gastritis, kata dr. Ridwan Juansyah dari Klinik Pertama Medika Cibitung Kabupaten Bekasi, adalah peradangan, iritasi, erosi pada lambung yang terjadi akibat pola makan yang salah serta dengan dosis yang tidak sesuai.

Mual, nyeri pada lambung, nafsu makan berkurang adalah salah satu gejala yang ditimbulkan akibat naiknya asam lambung.

Gejala terberat misalnya, perdarahan lambung yang bisa menyebabkan kondisi jiwa. Untuk gejala akut (mendadak), lanjut Ridwan, misalnya setelah orang tersebut mengonsumsi makanan pedas, asam, kopi, serta soda.

“Gejala yang kronis sering bersifat multifaktor, termasuk Helicobacter pylori sebagai penyebabnya,” jelasnya.

Ridwan menjelaskan, pengobatan darurat menggunakan antasida dapat menetralkan asam lambung. Karena semua obat maag mengandung logam yang dapat menetralkan asam.

Sakit maag akan sembuh jika ditangani sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Penting untuk masyarakat mengetahui tentang penyakit maag, setelah itu masyarakat dapat mengatasi penyebab dasar sakit maag.

Siapa sangka bergadang dan stress dapat menyebabkan penyakit maag kambuh? Saat bergadang, organ tubuh yang seharusnya dapat beristirahat bekerja saat malam hari, justru ketika bergadang organ tubuh akan terus bekerja.

Serta, saat stress orang akan mengalami dua kondisi. Pertama, tidak nafsu makan, sehingga membuat Anda menjadi telat makan. Kedua, dendam terhadap makanan, misalnya saat stress Anda menginginkan makanan yang bersifat pedas. Saat itulah Anda akan memakan makanan tersebut dengan dosis yang berlebih, sehingga membuat lambung menjadi asam dan menimbulkan penyakit maag.

Cara Sederhana Mencegah Penyakit Maag:

1. Makan yang teratur dan Mengunyah Sebanyak 32 kali

Sesibuk apapun Anda, tetap disiplinkan diri untuk makan secara teratur. Sebisa mungkin, jangan lewatkan kebiasaan makan pagi. Sarapan membantu Anda memulai aktivitas dengan lebih bertenaga.

Mengunyah makanan sampai halus membuat makanan menjadi lunak dan mudah tercerna oleh lambung. Kerja lambung untuk memproses makanan yang masuk jadi ringan.

2. Hindari Makanan yang Bisa Memicu Sakit Maag
Makanan pedas, soda, kopi dan yang mengandung cuka adalah jenis makanan yang cepat merangsang kambuhnya penyakit maag. Minum kopi yang berlebihan pun bisa meningkatkan asam lambung hingga perut jadi terasa kembung serta tidak nyaman.

3. Hindari Stress dan Begadang
Stress, perasaan tak tenang dan risau adalah keadaan yang sering memicu penyakit maag. Oleh karena itu, hindari stress dengan rajin berolahraga, berpikir positif, serta melakukan hobi di kala senggang. Serta delapan jam adalah waktu tidur yang paling baik karena kebiasaan kurang tidur apalagi begadang dapat menyebabkan kinerja lambung tergganggu.

Feny Sasmitha
Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta

The post Kenali Gastritis Sebelum Terlambat appeared first on BEKASIMEDIA.COM.



Sumber Suara Jakarta

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama